Jumat, 03 Agustus 2012

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Gelora Bung Karno, secara resmi Gelora Bung Karno Main Stadium (Stadion Utama Gelora Bung Karno, sebelumnya Gelora Senayan Stadion Utama) adalah sebuah stadion multi guna di Gelora Bung Karno Sports Complex, Senayan, Jakarta Pusat, Indonesia. Hal ini dinamai setelah Presiden pertama Soekarno, Indonesia. Hal ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 80.000.

    (Foto Stadion Utama Gelora Bung Karno)


Nama :
Meskipun stadion dikenal sebagai Gelora Bung Karno Stadium (Stadion Gelora Bung Karno), nama resminya adalah Gelora Bung Karno Main Stadium (Stadion Utama Gelora Bung Karno), karena ada stadion lain di Gelora Bung Karno Sports Complex, seperti Stadion Tenis dan Stadion Renang. Selama era Orde Baru di bawah "de-Soekarno-isasi" kebijakan oleh Presiden Soeharto, kompleks ini berganti nama "Gelora Senayan" yang juga mengubah nama stadion utama.

Sejarah :
Konstruksi dimulai pada stadion pada tanggal 8 Februari 1960 dan selesai pada tanggal 21 Juli 1962. pada waktunya untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat di Jakarta pada tahun 1962. Pembangunannya sebagian didanai melalui pinjaman khusus dari Uni Soviet. Kapasitas asli stadion dari 100.800 orang berkurang menjadi 88.083 sebagai hasil dari renovasi untuk Piala Asia 2007. Hal ini dibagi menjadi 24 sektor dan 12 pintu masuk, dan masuk ke tribun atas dan bawah. Fitur khusus stadion ini adalah atap konstruksi baja besar yang membentuk cincin raksasa yang disebut temu gelang (bergabung cincin). Selain untuk nuansa penonton di semua sektor dari panasnya matahari tropis, tujuan dari konstruksi cincin raksasa juga menekankan kemegahan stadion.

Acara di Stadion :
Bung Karno menjadi tuan rumah Asia 2007 Final Piala antara Irak dan Arab Saudi. Kompetisi lain yang dimiliki ada beberapa Tiger Cup final dan final piala domestik.

(suasana didalam stadion gbk ketika piala asia 2007 Indonesia vs Korea Selatan)

Internasional :
-Menjadi tuan rumah untuk 1962 Asian Games (1962).
-Host untuk SEA Games (1979, 1987, 1997 dan 2011).
-Tuan rumah untuk Piala Sudirman 1989.
-Bersama Host untuk tahun 2002 Piala Tiger dengan Singapura.
-Menjadi tuan rumah untuk ASEAN Club Championship 2003.
-Tuan rumah untuk pertandingan Piala Tiger 2004 leg pertama Semifinal antara Indonesia dan Malaysia   dan pertama di pertandingan leg final antara Indonesia vs Singapura.
-Tuan rumah untuk Piala Asia 2007 AFC untuk pertandingan Grup D, Quarter Final dan final antara Arab Saudi dan Irak.
-Arena pertandingan untuk AFF Suzuki Cup 2010 Grup A untuk pertandingan, 2 pertandingan semifinal melawan Filipina, dan 2nd-Kaki Akhir pertandingan Indonesia dan Malaysia.
-Kandang untuk pertandingan kandang Timnas Indonesia di FIFA kualifikasi Piala Dunia 2014.

Saat ini :
Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta selain sebagai kandang Timnas Indonesia juga sebagai markas/kandang tim sepak bola ibukota yaitu Persija Jakarta yang berkompetisi di Indonesia Super League kasta tertinggi sepak bola indonesia.

  (Skuad Starting Eleven Persija)





Kegunaan lain :
Selain olahraga, stadion juga digunakan untuk acara lain seperti upacara-upacara nasional, pertemuan politik, ujian masuk universitas, kegiatan keagamaan, dll peristiwa terkenal termasuk :
-Massa Grand Katolik yang dipimpin oleh Paus Yohanes Paulus II, pada Oktober 1989.
-100 tahun ulang tahun hari Kebangkitan Nasional Indonesia, 20 May 2008
-Aksi politik untuk kedua pemilihan parlemen dan juga presiden 2004 dan 2009
-Jubileum HKBP (147 pada tahun 2007 dan 150 tahun 2011)
-Linkin Park diadakan "A Thousand Suns World Tour" konser dengan lebih dari 25.000 tiket yang dijual pada bulan September 2011
-Lady Gaga telah merencanakan untuk menggelar konser di stadion selama Lahir nya ini Ball Tour Way pada bulan Juni 2012. Sudah ada 52.000 tiket yang dijual, bagaimanapun, pada tanggal 27 Mei 2012, konser secara resmi dibatalkan karena kontroversi seputar penampilan Gaga bertema religius, bersama dengan masalah keamanan dan keselamatan
-S.M. Hiburan telah merencanakan untuk memegang SMTown Live World Tour III pada 22 September 2012 yang menampilkan BoA, TVXQ, Super Junior, Girls 'Generation, SHINee, f (x) dan EXO, membuat mereka para artis Korea pertama yang tampil di stadion. Ini akan menjadi konser terbesar yang pernah.

0 Comments:

Post a Comment



Dwi Saputra Anjasmara © 2017. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute